Apa itu foam (Busa)?

Busa adalah bahan yang terbentuk dari gelembung gas yang terdapat dalam benda cair atau padat. Busa mandi dan busa di atas segelas bir adalah contoh busa. Pada sebagian besar busa, volume gasnya besar, dengan lapisan tipis cairan atau padatan yang memisahkan daerah gas. Busa sabun juga dikenal sebagai busa. 

Bagaimana proses pembuatan busa dan struktur-nya?

Busa padat dapat berupa sel tertutup atau sel terbuka. Dalam busa sel tertutup, gas membentuk kantong-kantong terpisah, masing-masing sepenuhnya dikelilingi oleh bahan padat. Dalam busa sel terbuka, kantong gas terhubung satu sama lain. Spons mandi adalah contoh busa sel terbuka: air dengan mudah mengalir melalui seluruh struktur, menggantikan udara. Tikar berkemah adalah contoh busa sel tertutup: kantong gas disegel satu sama lain sehingga keset tidak dapat menyerap air.

Struktur busa, dalam banyak kasus, adalah sistem multi-skala. Keteraturan dan ketidakteraturan gelembung di permukaan busa satu skala dinamakan gelembung. Busa material biasanya tidak teratur dan memiliki berbagai ukuran gelembung. Pada ukuran yang lebih besar, studi tentang busa ideal terkait erat dengan masalah matematika permukaan minimal dan tesselasi tiga dimensi, yang juga disebut sarang lebah. Struktur Weaire-Phelan dianggap sebagai sel satuan terbaik (optimal) dari busa yang tertata sempurna. Sementara hukum Plateau menjelaskan bagaimana film sabun membentuk struktur dalam busa.

Struktur Weaire-Phelan Plateau’s laws

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Weaire%E2%80%93Phelan_structure, https://en.wikipedia.org/wiki/Foam, https://en.wikipedia.org/wiki/Plateau%27s_laws

Bagaimana cara mengetahui hasil kualitas busa?

Busa padat (solid foam) adalah salah satu yang banyak diproduksi karena aplikasinya dalam kebutuhan sehari-hari, seperti bahan kasur, sofa, busa adhesive, busa filter, dan lain-lain. 

Pengecekan kualitas (quality control) hasil busa dengan metode visual inspeksi. Terdapat beberapa permasalahan seperti mismatch size dan rongga pada busa. 

Permasalahan tersebut umumnya sangat kecil dan harus diukur. Rongga juga dapat terjadi pada posisi yang sulit dijangkau. Permasalahan tersebut harus diindentifikasi untuk mengetahui faktor penyebabnya. 

Solusi permasalahan pada pengecekan kualitas busa padat (solid foam)

AF4915ZT

Dino-Lite Edge AF4915ZT, perangkat USB 2.0 dan Wireless WF20 (optional), menghasilkan gambar yang jenih dengan pilihan komputer atau layar handphone sebagai tampilan gambar. 

AM4917MZT

Dino-Lite EdgePLUS AM4917MZT merupakan series Dinolite yang mempunyai kemampuan mengetahui nilai ketinggian / jarak Sumbu Z dengan menggunakan teknologi Shift EDOF.

RK06E

Stand Dino-Lite RK06E dirancang untuk tujuan umum tetapi dibuat dengan kualitas. Dengan penyesuaian fokus yang halus dan gerakan vertikal yang cepat, RK06E memudahkan tugas pemfokusan saat menggunakan mikroskop Dino-Lite.

Distributor Portabel Mikroskop Digital Dino-Lite di Indonesia?

PT. Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi mikroskop Dino-Lite di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan analisa visual di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.