Apakah teman – teman pernah menemukan adanya tampilan seperti noda pada layar saat menggunakan mikroskop digital portable ? Hal ini bisa disebabkan adanya beberapa penyebab, seperti : noda debu halus, hewan kecil, atau mungkin sisa objek yang menempel ke lensa. Mungkin juga disebabkan adanya lecet karena penggunaan yang kurang hati – hati. Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara dan metode dalam menghilangan noda yang muncul pada tampilan layar saat menggunakan mikroskop digital portable dinolite. Sebelum memulai cara menghilangkan kotoran atau noda yang muncul, pastikan terlebih dahulu mikroskop dinolite sudah tidak terhubung sumber listrik apapun ya. Berikut caranya :

Lensa

Apabila ditemukan adanya kotoran atau noda yang tampak pada layar saat pengamatan menggunakan mikroskop digital mikroskop portable dinolite, langkah pertama adalah periksa dengan cara memutar perbesaran dari rendah ke tinggi dengan tujuan mengubah ukuran objek. Jika ternyata tidak ada perubahan ukuran pada kotoran atau noda yang tampak tadi saat perbesaran dirubah, silahkan hubungi kami karena ada kemungkinan masalah ada di sensor.

Dinolite memiliki lensa yang disusun berlapis – lapis yang kompleks dan sensitif. Membersihkannya sangat dibutuhkan tingkat ketelian dan kehati-hatian yang sangat tinggi. Hindari penggunaan alkohol atau cairan yang memiliki sifat keras lainnya karena dapat merusak lensa dan hindari mengoleskan larutan pembersih langsung ke lensa, serta hindari membersihkan yang terus – menerus atau tidak perlu, membersihkan hanya saat memang dirasa perlu.

Langkah pertama dalam membersihkan lensa pada mikroskop digital portable adalah gunakanlah terlebih dahulu compressed gas duster atau pompa debu tangan secara hati – hati untuk mengangkat debu atau kotoran yang menempel pada lensa. Kebanyakan debu cukup dengan menggunakan pompa debu tangan sudah bisa dihilangkan secara mudah. Alat ini dapat dicari di toko – toko peralatan komputer maupun toko online langganan anda atau gunakan tautan berikut ini :

https://tinyurl.com/mzf3ve8a dan https://tinyurl.com/24smzr8a

Gunakan pompa debu sesekali dengan cepat hindari penggunaan yang berlebihan , gunakan secara seefektif mungkin. Penggunaan pompa atau gas terkompresi tidak boleh sampai tersentuh lensa, paling tidak posisikan beberapa inci dari lensa. Perhatikan saat penggunaan tidak tersentuh lensa, pastikan pompa atau gas terkompresi dipegang dengan kuat.

Langkah berikut nya jika langkah pertama belum dapat menghilangkan noda atau kotoran secara menyeluruh adalah menggunakan peralatan pembersih yang dirancang khusus untuk lensa kamera. Peralatan ini bantyak dijumpai di online shop dan toko kamera – kamera di pasaran. Untuk contoh – contoh peralatan pembersih dapat dilihat di link berikut : https://tinyurl.com/3tupw3bv

Gunakan pompa udara terlebih dahulu menggunakan tangan secara perlahan untuk menghilangkan kotoran yang menempel ringan di lensa. Lalu bersihkan debu yang tersisa menggunakan bulu sikat lembut. Jika masih belum bersih menyeluruh gunakan larutan pembersih yang ada pada paket pembelian beberapa tetes ke tisu lensa atau kain pembersih khusus lensa, lalu usap perlahan pada lensa dari arah tengah ke arah luar.

Permukaan luar

Perawatan pada permukaan luar mikroskop portable dinolite lebih mudah dilakukan. Jangan bersihkan permukaan luar bodi mikroskop menggunakan produk alkohol dan jangan rendam mikroskop portable dinolite ke dalam cairan apapun. Untuk membersihkan cukup gunakan produk pembersih non-alkohol dan dilarang keras cairan masuk ke bagian dalam mikroskop, pembersihan hanya untuk permukaan luar.

Pembersihan bagian caps pada mikroskop portable dinolite dapat dilepas terlebih dahulu dari unit mikroskop agar pembersihan lebih mudah dan aman. Caps dapat dibersihkan dalam larutan alkohol encer atau menggunakan air suling,

Jika kedua langkah pembersihan di atas tetap tidak dapat membersihkan kotoran atau noda pada mikroskop portable dinolite, jangan lakukan langkah apapun untuk menghindari kerusakan karena kesalahan proses pembersihan. Silahkan kontak kami untuk bantuan tambahan jika kedua langkah di atas belum dapat

Jangan mencoba metode pembersihan apa pun yang tidak tercantum di atas. Jika masalah tetap ada atau Anda tidak dapat membersihkan lensa dengan cukup menggunakan langkah-langkah ini, hubungi kami untuk dukungan tambahan.

Temperature Penggunaan, Penyimpanan dan Tekanan lingkungan mikroskop 

Dino-Lite Part °F Rating °C Rating
Internal electronic components 14°F ~ 131°F -10°C ~ 55°C
External Housing 14°F ~ 158°/ 176°F -10°C ~ 70°C / 80°C
Microscope USB Cable -4°F ~ 176°F -20°C ~ 80°C
AM nozzle 14°F ~ 266°F -10°C ~ 130°C
AD nozzles 14°F ~ 158°F -10°C ~ 70°C
WF-10 Use: 32°F ~ 104°F

Storage: -4°F ~ 140°F

Use: 0°C ~ 40°C

Storage: -20° C ~ 60° C

Note: Karena keamanan komponen internal, tidak disarankan menggunakan perangkat di lingkungan di atas 70 °C. Dalam aplikasi suhu yang lebih tinggi, disarankan untuk menggunakan unit eksterior body logam seperti series AM7xxx metal.

Jangan membuka / membongkar Dino-Lite komponen ini sangat beresiko terjadi kerusakan bila tidak ditangani oleh ahlinya.