Pengecekan keaslian dokumen dan Rupiah secara detail

Forensik dokumen adalah cara untuk membuktikan atau mengungkap keaslian suatu dokumen. Salah satu metode dalam pembuktian keaslian suatu dokumen adalah menggunakan pencahayaan khusus, yaitu sinar UV dan sinar IR. Dengan cahaya ini kode rahasia pada dokumen dan uang dapat terlihat. Hal ini dikarenakan tinta yang ada pada uang bukanlah tinta biasa, namun menggunakan tinta jenis tertentu yang memiliki ciri khas tersendiri saat disinari menggunakan sinar terntentu.

Cepat dan On-The-Spot

Pengecekan dokumen dituntut cepat, dan on the spot. Pengecekan yang tidak cepat dan on the spot tidak efektif dalam rangka pencegahan beredarnya uang palsu. Saat ini penggunaan menggunakan cahaya dinilai cukup efektif dalam memenuhi kebutuhan pengecekan cepat dan in the spot, uang / dokumen cukup disinari menggunakan cahaya UV atau IR dan sekuriti kode akan terlihat.

Dengan berkembangnya teknologi, selain dapat menangkap sekuriti kode menggunakan cahaya UV maupun IR kita juga dapat melakukan pengamatan menggunakan pembesaran, sehingga micro teks dan detail pada uang dapat kita amati lebih jauh menggunakan mikroskop digital portable yang terintegrasi dengan cahaya UV maupun cahaya IR. Sehingga pengamatan yang cepat, on the spot serta mendatail sangat dapat dilakukan menggunakan mikroskop portable dinolite yang terintegrasi dengan cahaya UV maupun IR. Berikut hasil tangkapan beberapa contoh menggunakan mikroskop dinolite portable yang memiliki sinar UV dan IR :

Urutan gambar dari kiri atas ke kanan :

  1. Sekuriti kode berupa pendaran bertuliskan BI menggunakan mikroskop dinolite cahaya UV.
  2. Tulisan micro text bank indonesia dan BI tampak saat menggunakan pembesaran dinolite mikroskop.
  3. Sekurito kode berupa pendaran tinta pada kode angka dan huruf pada uang.
  4. Tampak tinta invisible ink pada uang hilang atau tak tampak saat disinari menggunakan sinar Inframerah (sebelah kiri menggunakan tinta invisible ink dan sisi kanan menggunakan tinta biasa sehingga tampak sebagian).
  5. Sekuriti kode pendaran tinta berupa gambar bunga.
  6. Sekurity kode pada Paspor.

 

Dipercaya oleh pelanggan kami 

 

Mikroskop digital dengan pencahayaan khusus

Kode-kode rahasia yang berukuran kecil hanya dapat dilihat menggunakan pembesaran mikroskop. Dengan mengkombinasikan pencahayaan khusus (special lighting) pada mikroskop digital seri AM4115TFVW, dan stand RK06E, kode berukuran kecil akan dapat terlihat dan terbaca.

AM4115TFVW

Mikroskop Dino-Lite AM4115TFVW yang dibekali resolusi 1.3MP (1280×1024) sensor gambar CMOS mentransmisikan gambar yang jernih dan tajam. Profesional desain didukung fitur lengkap untuk yang berkelas.

RK06E

Stand Dino-Lite RK06E dirancang dengan kualitas yang baik. Dengan penyesuaian fokus yang halus dan gerakan vertikal yang cepat, RK06E memudahkan tugas pemfokusan saat menggunakan mikroskop Dino-Lite.

Distributor Portabel Mikroskop Digital Dino-Lite di Indonesia?

PT. Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi mikroskop Dino-Lite di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan analisa visual di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.