Analisa struktur material logam

Metalografi adalah metode untuk menganalisa struktur mikroskopis, atau mikrostruktur pada suatu material logam dengan menggunakan mikroskop optik maupun mikroskop elektron. 

Metalografi sangat diperlukan dalam upaya pengembangan suatu bahan, manufaktur, proses inspeksi dan analisa kegagalan. Seperti : pengukuran grain size, analisis micro crack, porosity, dan analisis fasa logam.

Tahapan dalam menganalisa struktur logam

Agar dapat dianalisa, logam harus di preparasi terlebih dahulu melalui beberapa tahapan proses, yaitu :

  1. Pemotongan spesimen
  2. Mounting spesimen
  3. Grinding dan polishing
  4. Etching / Etsa
  5. Pengamatan menggunakan mikroskop 

Dipercaya oleh pelanggan kami 

Bagaimana cara mengamati struktur mikro?

Perlu dipahami, bahwa tanpa tahapan di atas merupakan pengamatan struktur mikro sangat sulit dilakukan.

Mikroskop yang digunakan untuk mengamati struktur mikro berbeda dengan mikroskop pada umumnya yang sering kita jumpai di laboratorium.

Analisis mikrostruktur menggunakan mikroskop jenis metalurgi atau biasa disebut metallurgical microscope. Mikroskop jenis ini memiliki sumber cahaya reflected illumination (lampu dari sisi lensa) agar dapat mengamati permukaan mikrostruktur.

Pilihan solusi untuk pengamatan struktur mikro

  1. Mikroskop Dino-Lite AF4915ZT
  2. Mikroskop Dino-Lite AM7515MT4A
  3. Stand Mikroskop Dino-Lite RK06E
AF4915ZT

Dino-Lite AF4915ZT menghadirkan gambar yang tidak terkompresi dengan 15 FPS pada 1.3MP atau 30FPS pada resolusi VGA, ditambahkan dengan fungsi EDOF, EDR, AMR dan FLC.

AM7515MT4A

Dino-Lite AM7515MT4A memberikan gambar Brightfield yang luar biasa pada perbesaran 415x ~ 470x. Melalui penggunaan Kontrol LED Fleksibel (FLC), AM7515MT4A mampu beralih antara atau menggabungkan bidang terang dan bidang gelap untuk detail lebih lanjut.

RK06E

Stand RK06E dirancang untuk tujuan umum tetapi dibuat dengan kualitas. Dengan penyesuaian fokus yang halus dan gerakan vertikal yang cepat, RK06E memudahkan tugas pemfokusan saat menggunakan mikroskop Dino-Lite.

Distributor Portabel Mikroskop Digital Dino-Lite di Indonesia

PT. Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi mikroskop Dino-Lite di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan analisa visual di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.